Ini Titik Banjir yang Ada di Bekasi -->

Header Menu

Advertisement

Ini Titik Banjir yang Ada di Bekasi

Redaksi
Senin

(doc. Humas Pemkab Bekasi)


GIBASNEWS, BEKASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menyebutkan hujan deras disertai angin kencang menyebabkan 12 kecamatan terendam banjir dengan ketinggian antara 30 - 150 centimeter. Selain itu, bencana angin puting beliung juga menyapu permukiman warga di Desa Tamansari, Kecamatan Setu.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan, pemerintah bersama kepolisian dan TNI telah memantau penanganan masyarakat yang terdampak banjir di beberapa lokasi. ”Sekitar 5.672 kepala keluarga (KK) yang terdampak sudah dalam penanganan petugas di lapangan dan air mulai surut,” ujarnya, Minggu (7/2/2021). 


Adapun 12 wilayah yang terdampak banjir yakni Kecamatan Cibitung, Tambun Utara, Tambun Selatan, Cikarang Utara, Cabangbungin, Pebayuran, Sukawangi, Sukakarya, Cikarang Timur, Sukatani, Babelan, dan Muaragembong. ”Untuk Muaragembong di Desa Pantai Harapan Jaya, khusus Setu bencana puting beliung,” ucapnya.


Dalam bencana yang terjadi pada Sabtu (6/2) - Minggu (7/2) dari 13 kecamatan yang terdampak ada di 27 desa/kelurahan di 92 titik dengan jumlah warga keseluruhan yang terdampak banjir dan puting beliung sebanyak 13.021 KK. Untuk rumah yang terdampak puting beliung yakni rumah rusak berat 38 rumah dan rusak ringan 35 rumah.


Menurut Henri, penyebab banjir karena intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang serta meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Cibeet dan Citarum ke permukiman warga yang berada di bantaran sungai. ”Saat ini kondisinya berangsur surut,” ucapnya.


Untuk penanganan, pemerintah sudah menyiagakan perahu karet/politelin bersama tim kecamatan untuk membantu dan mengevakuasi warga terdampak banjir. Selain itu, relawan dibantu pihak kepolisian dan TNI menyalurkan bantuan logistik dan mendirikan posko banjir di beberapa tempat untuk penanganan langsung di lokasi banjir.


Mantan Sekretaris Dispora Kabupaten Bekasi ini mengimbau masyarakat Bekasi waspada banjir dan angin puting beliung mengingat intensitas hujan akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan. 

______________________________________________

Sumber ; Sindo