Bikin Geger, Buah Anggur Mengandung Formalin -->

Header Menu

Advertisement

Bikin Geger, Buah Anggur Mengandung Formalin

Redaksi
Rabu

Penjual Buah di Periksa Aparat Kepolisian Bersama Dinas Kesehatan
GIBASNEWS, JAMBI - Viralnya foto di media sosial (medsos) WA (WhatsAap) aparat kepolisian beserta anggota sipil dari Dinas Kesehatan mensidak penjual buah yang berada di jalan.

Ironisnya saat pemeriksaan buah yang dijual oleh pedagang tersebut telah mengandung formalin, dari hasil tes laboratorium.


Menurut keterangan gambar tertulis  bahwa buah yang didapatnya itu berasal dari cina.


"Jangan membeli anggur dijual murah ditepi jalan-jalan daerah baru datang secara tiba". Anggur dikirim langsung dari Cina yang mengandung formalin dan itu sudah di confir oleh Dinas Kesehatan Kota Jambi," tulis di keterangan foto.

Formalin memiliki dampak negatif bagi tubuh manusia terutama bila dikonsumsi secara terus-menerus. Dilansir dari laman DrHealthBenefits.com, berikut beberapa efek samping racun formalin pada manusia:

1. Gangguan Pernafasan
Formalin atau Formaldehida dapat merusak saluran pernafasan bawah dan atas ketika terhirup dalam jumlah yang banyak. Sakit tenggorokan, sensasi hidung dan tenggorokan terbakar, serta hidung tersumbat merupakan gejala iritasi saluran pernapasan atas.
Iritasi ini biasanya terjadi jika tingkat formalin melebihi 1 ppm. Pada kasus di mana kadar formalin melebihi 50 ppm, dapat menyebabkan seseorang mengalami pneumonia, bronkitis kronis, atau bahkan kematian.

2. Gangguan Penglihatan
Mata relatif lebih sensitif terhadap formalin. Konsentrasi zat di atas 0,03 ppm hingga 0,5 ppm dapat menyebabkan sensasi terbakar, gatal, perih, dan kemerahan pada mata.

Dalam kasus tingkat formalin melebihi 100 ppm atau bersentuhan langsung dengan mata, dapat membuat mata mengalami cedera optik yang parah hingga hilangnya penglihatan.

3. Iritasi kulit
Kulit yang langsung tersentuh dengan cairan formalin dapat menyebabkan iritasi, seperti ruam dan gatal-gatal. Paparan berlebihan terhadap formalin juga dilaporkan dapat menyebabkan dermatitis alergika.

4. Kerusakan Usus
Jika tertelan, formalin dapat menyebabkan kerusakan parah di dalam perut. Gejalanya adalah mual, muntah, dan sakit perut. 

Selain itu, formalin juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ seperti ginjal, hati, pankreas, dan limpa.
Well, bila Anda merasa sudah terpapar formalin, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Pada kasus gangguan pernafasan, jika korban masih bisa berjalan, bawa segera ke lokasi terbuka dengan udara segar. Korban yang tidak dapat berjalan, harus dipindahkan dengan hati-hati dan mencari perawatan medis sesegera mungkin.

Bila terkena mata, basuh mata dengan hati-hati selama 20 menit. Tindakan segera ini dapat menolong korban dari iritasi mata berlebih.

Dalam kasus iritasi kulit, bersihkan area yang tekena formalin secara menyeluruh dengan air biasa selama empat hingga enam menit. Lepas pakaian yang terkena formalin karena bisa saja telah terkontaminasi.

Dan jika tertelan formalin, korban yang masih sadar harus segera diberikan 100 hingga 200 mililiter susu untuk menetralisir racun.