Manfaat P3-GAI di Binangun Jadi 2 Fungsi Pengelolaan -->

Header Menu

Advertisement

Manfaat P3-GAI di Binangun Jadi 2 Fungsi Pengelolaan

Pandi
Kamis

GIBASNEWS, Kota Banjar Sarana penunjang dalam sektor pertanian adalah air yang merupakan  faktor utama penunjang untuk meningkatkan nilai hasil panen.


program pemerintah dalam sektor pengairan yang di keluarkan BBWS citanduy dari PUPR dirjen pengairan saluran irigasi lewat   Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air,


Kelompok Tani Sukatani Berkah dari desa Binangun kecamatan Pataruman Kota Banjar. merupakan kelompok tani yang sedang mendapatkan program tersebut.


ketua kelompok tani Sukatani Berkah Ipin Aripin mengharapkan dengan dibangunnya saluran irigasi ini bisa meningkatkan hasil produksi dan percepatan hasil panen, dari biasanya setiap tahun hanya 2 kali panen mudah mudahan dengan adanya saluran ini bisa 3 kali panen. papar Ipin ketika di temui dilokasi pekerjaan Kamis 3/11/2022.


Dengan adanya irigasi ini bisa menjadi 2 fungsi pengelolaan air, yaitu  bisa membantu penyetabil debit air dikala musim kemarau dan bisa juga sebagai saluran pembuangan air dikala air meluap ketika musim penghujan karena jika musim hujan kawasan ini merupakan daerah genangan air karena sebagian lahan merupakan daerah kawasan rawa dan sering terkena banjir. ujar Ipin 


Angaran yang dikucurkan lewat kelompok tani lewat program P3-TGAI sebesar Rp 195 juta dengan panjang total volume 274 M  dan sekarang masih dalam proses pekerjaan dengan Medan pekerjaan yang begitu Sulit karena merupakan kawasan sawah rawa tapi alhamdulilah dengan segala macam cara pembangunan ini harus segera cepat di selesaikan karena saat ini sudah menginjak musim tanam. terang Ipin.

 

Saya ucapkan kepihak BBWS Citanduy yang sudah membantu masyarakat petani diwilayah desa Binangun dan berharap ada kesinambungan karena progres pencapian untuk keseluruhan sekitar 500 M lagi.  jadi masih banyak harapan kami untuk bisa terealisasi pembangunan keseluruhan tersebut agar masyarakat kami bisa lebih meningkatkan percepatan dalam produktifitas pertanianya. pungkasnya.