Deputi Lima Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Kunjungi Kampung Sawah Bekasi -->

Header Menu

Advertisement

Deputi Lima Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Kunjungi Kampung Sawah Bekasi

Pandi
Senin

Wawalkot Bekasi Tri Adhianto ke Kampung Sawah

GIBASNEWS, KOTA BEKASI - Wawalkot Bekasi Tri Adhianto langsung menyambut  kunjungan Deputi 5 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) DR. Rima Agristina ke Kampung Sawah RT03/RW 03 Kelurahan Jati Melati Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi Senin, (19/04/2021). 


Kunjungan kerja BPIP ke Kampung Sawah Bekasi ini dalam rangka melakukan peninjauan secara langsung terkait daerah yang mendapatkan julukan sebagai Bentengnya Kampung Pancasila. 


Abdur Rosyid putra daerah dan juga pelopor muda Kampung Sawah Bekasi ini mengungkapkan silsilah asal muasal diwilayahnya mendapatkan julukan sebagai Bentengnya Kampung Pancasila.


"Dijulukinya Kampung Pancasila ini  karena ada 3 tempat beribadah yang berdekatan namun tetap menjunjung tinggi toleransi antar beragama. Junjung persaudaraan satu sama lain tanpa memandang ras suku dan agama, "jelas Abdur Rosid.


Menanggapi Kampung Sawah dijuluki Bentengnya Kampung Pancasila Kolonel Inf. Uyat, Sip Aster Kasdam Jaya juga memberikan pendapatnya terkait minim nya penerapan nilai-nilai Pancasila ditengah era masyarakat milenial.


"Jadi aplikasi nilai-nilai Pancasila ini sudah mulai luntur. Seharus nya edukasi nilai-nilai Pancasila harus terus digelorakan ini yang menjadi alasan kita untuk menjadikan Kampung Sawah sebagai percontohan Kampung Bentengnya Pancasila dan toleransi beragama hidup rukun damai berdampingan tanpa memandang suku ras dan agama, "jelas Uyat Aster Kasdam Jaya kepada wartawan.


Sementara Wawalkot Bekasi juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Kampung Sawah Bekasi dan bentuk apresiasi yang dilakukan Pemerintah sedang mengupayakan untuk meminta pembebasan lahan milik Kementrian PUPR seluas 4000m² untuk dapat dipinjam guna pakai Pembangunan Landmark Tugu Pancasila atau sarana edukasi Pancasila.


"Jadi kita itu sedang menunggu persetujuan untuk pinjam guna pakai lahan kepemilikan Kementerian PUPR untuk dibangun Landmark Tugu Pancasila atau sarana edukasi terkait nilai-nilai Pancasila, "jelas Tri Adhianto.


Dia juga menambahkan Pemerintah Kota Bekasi akan terus berupaya menjadikan Kota Bekasi menjadi Kota yang toleran, Kota Persaudaraan, Kota yang damai Kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan NKRI.


"Senjata kita saat ini untuk melakukan pendekatan kepada kaum milenial yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana informasi dengan menyisipkan edukasi mengenai nilai-nilai Pancasila, "tandasnya(ADV/HMS)