Model Penta Helix Desain Integrasi Lima Pihak Terkordinasi Dalam Pembangunan -->

Header Menu

Advertisement

Model Penta Helix Desain Integrasi Lima Pihak Terkordinasi Dalam Pembangunan

Pandi
Rabu

GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Model Penta Helix adalah desain integrasi lima pihak terkordinasi satu sama lain dalam membangun atau mewujudkan sebuah tema Pembangunan atau citra baik tertentu sebuah kota yaitu perguruan tinggi, bisnis, komunitas dan media bersama Pemerintah Daerah.


Bentuk inovasi daerah tata kelola Pemerintah adalah inovasi pelayanan publik, inovasi daerah lainnya dalam tata laksana internal pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelola unsur manajemen, inovasi penyediaan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi proses pemberian pelayanan barang/jasa dan bentuk barang/jasa publik.


Acara ini dihadiri oleh Kepala Bappelitbangda Kota Bekasi Dinar Faizal, Tim TWUP4, Haris Budiyono, seluruh perguruan tinggi yang ada di Kota Bekasi dan Pejabat Pemerintah Kota Bekasi.


Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menjelaskan model penta helix adalah desain integritas lima pihak yang terkoordinasi satu sama lain untuk membangun dan mewujudkan sebuah tema Pembangunan terutama perguruan tinggi, bisnis komunitas, dan bersama media Pemerintah Kota Bekasi.


" Iya terdapat 16 sub sektor yang harus dimiliki termasuk dalam industri berbasis kreatifitas, antara lain ; arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film animasi video, fotografi, kriya, kuliner, musik, fesyen, games aplikasi, penerbitan, periklanan, televisi radio, seni pertunjukan dan seni rupa, "kata Plt.Walikota Bekasi kepada wartawan.


Tri Adhianto juga menambahkan bahwa langkah pengembangan inovasi di daerah berupa pembuatan proposal inovasi daerah, pembentukan dengan keputusan kepala daerah. Mengenai inovasi daerah penetapan keputusan kepala daerah uji coba penetapan dengan keputusan kepala daerah mengenai penerapan inovasi daerah. Dan penerapan tersebut dilaporkan kepada menteri dan menteri melakukan penilaian terhadap daerah yang melakukan inovasi daerah dan menteri memberikan penghargaan.


"Jadi mengacu arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kekuatan Pembangunan suatu negara atau wilayah didukung oleh semua elemen karena  percepatan Pembangunan tak bisa dilakukan sepihak saja. Maka konsep Penta helix dimana unsur Pemerintah, masyarakat, komunitas, akademisi, pengusaha dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan, "pungkasnya.