Iwan Nendi Kurniawan : Media Gathering DPRD Kota Bekasi Tekankan Sinergitas Antara Wakil Rakyat Dan Wartawan -->

Header Menu

Advertisement

Iwan Nendi Kurniawan : Media Gathering DPRD Kota Bekasi Tekankan Sinergitas Antara Wakil Rakyat Dan Wartawan

Pandi
Minggu

GIBASNEWS, Subang- Ada kesamaan fungsi dan peran antara wakil rakyat (DPR, DPRD I, DPRD II) dengan wartawan  yakni sebagai pengawas.


Kesamaan peran tersebut seharusnya bisa menjadi acuan dalam membentuk sinergitas dalam pikiran antara anggota dewan dengan wartawan.


Hal tersebut mencuat saat sesi diskusi tentang Sinergitas DPRD dan Media di acara Ghatering Media yang dilaksanakan oleh DPRD Kota Bekasi di Sari Ater Kabupaten Subang pada 4 November 2022.


"Saya kira anggota dewan dengan wartawan sama-sama punya peran yang sama yakni sebagai pengawas. Hanya saja kalau wartawan pengawasan terhadap semua bidang kehidupan. Sedangkan anggota dewan pengawasa terhadap kebijakan eksekutif, " ucap Efrizal salah satu wartawan yang hadir saat melontarkan pendapatnya.


Senada dikatakan wartawan senior di Bekasi Iwan Nendi Kurniawan, yang menyebut, sinergi antara anggota DPRD lebih ditekankan kepada komunikasi yang baik antara wakil rakyat dan wartawan serta keterbukaan informasi.


Sinergitas bukan berarti bentuk pembungkaman terhadap daya kritis wartawan. Justru sinergitas harus mendorong wartawan dan anggota dewan untuk lebih meningkatkan fungsi pengawasan. Bentuk sinergitas tersebut yakni soal komunikasi yang baik antara wakil rakyat dan wartawan. Selain itu juga keterbukaan informasi dari anggota dewan menjadi sangat penting bagi wartawan," ungkapnya saat diminta menyampaikan pendapatnya oleh moderator.


"Ada anggota bahkan pimpinan dewan yang sangat sulit dihubungi hanya untuk konfirmasi. Meski saya tahu ga semua anggota dewan yang susah dihubungi. Ini lah contoh salah satu yang menjadi hambatan sinergitas itu tidak terbentuk, "sambungnya.


Sedangkan pembicara diacara diskusi tersebut Rahmat Ferdian Andi Rosidi yang menjabat sebagai dosen di Universitas Islam Jakarta (UIN) dan berpengalaman sebagai jurnalis lebih dari 10 tahun ini mengatakan, sinergitas dalam bentuk fisik juga bisa dilakukan dengan cara sesekali anggota dewan bertemu dengan wartawan dengan suasana informal.


"Sinergitas fisik mungkin bisa saja dilakukan, misalnya sesekali anggota dewan berkunjung ke media center bertemu dengan jurnalis, sambil bertanya misalnya apa nih isu atau kejadian yang menurut wartawan menarik. Jadi pertemuan semacam itu bisa menjadi sinergitas secara fisik antara wakil rakyat dan awak media, "tuturnya.


Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua I DPRD Kota Bekasi Anim Imammudin menjelaskan, terkait peran wartawan dalam membangun sinergitas dengan DPRD Kota Bekasi memang perlu terus ditingkatkan terutama untuk kemajuan Kota Bekasi.


"Sinergitas inilah yang perlu ditingkatkan. Seperti ini kan meski masih ada yang belum terfasilitasi di acara ini (ghatering media.red), kan sekarang sudah ada perbaikan. Kalau untuk sempurna kan, tidak ada yang sempurna, " tandasnya.


Sekedar diketahui, acara Ghatering Media DPRD Kota Bekasi tersebut dihadiri oleh wakil Ketua I Anim Immamudin (PDIP), Ketua Bamperda Nicodemus Godjang, Ketua Fraksi PKS Sardi Effendi, Ketua Komisi IV Darajat Kardono (PKS), Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bekask Bambang Purwanto (PKS), Sekretaris DPRD Kota Bekasi Hanan Tarya dan jajarannya.


Sayangnya hanya dua fraksi saja yang hadir yakni PKS dan PDIP. Sedangkan di DPRD Kota Bekasi selain kedua fraksi tersebut ada Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar Persatuan, Fraksi PAN, Fraksi Partai Demokrat.