Ditlantas Polda Metro Jaya Malam Libur Isra Mi’raj Menerapkan Filterisasi Kendaraan Bermotor -->

Header Menu

Advertisement

Ditlantas Polda Metro Jaya Malam Libur Isra Mi’raj Menerapkan Filterisasi Kendaraan Bermotor

Pandi
Kamis

 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo 


GIBASNEWS, JAKARTA- Ditlantas Polda Metro Jaya malam libur Isra Mi’raj akan melakukan pengamanan dan menerapkan filterisasi kendaraan bermotor di kawasan Monas, Sudirman dan Thamrin Jakarta.


Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, malam ini akan dilakukan filterisasi kendaraan bermotor dari suara knalpot motor yang bising dan konvoi kendaraan di kawasan Monas, Sudirman dan Thamrin.


“Karena besok malam libur (Isra Mi’raj), kita melaksanakan pengamanan malam libur dan melaksanakan filterisasi di kawasan Monas, Sudirman dan Thamrin dari polusi suara akibat knalpot bising dan perilaku-perilaku berkendara yang beresiko, ”kata Sambodo usai Apel di Lapangan Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (10/3/2021) malam.


Perilaku beresiko inilah, kata Sambodo seperti konvoi-konvoi kendaraan, tidak mematuhi protokol, nongkrong-nongkrong dan kebut-kebutan yang mengganggu kendaraan lain dan juga mengganggu masyarakat.


“Jadi ini semua adalah demi kemanusian, kita menjaga anak bangsa dan menjaga kenyamanan masyarakat baik masyarakat pemakai jalan maupun masyarakat yang berada di sekitar jalan tersebut, ”ungkapnya.


Lanjut Sambodo, pihaknya akan bekerjasama dengan satuan Brimob dan Sabhara Polda Metro Jaya untuk menghindari perlawanan dari aksi kelompok bermotor beresiko.


“Jadi malam ini, kurang lebih sekitar 450 personil kepolisian terdiri dari 350 lalu lintas, 50 Brimob dan 50 pasukan Sabhara. Kenapa kita melibatkan mereka, karena memang dikhawatirkan juga ada upaya-upaya yang misalnya mencoba untuk melawan petugas, ”jelasnya.


“Yang kedua, kata Sambodo, tentu karena kita juga butuh kekuatan untuk melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap masyarakat yang nongkrong-nongkrong dan sebagainya, ”sambungnya.


Menurutnya, penerapan filterisasi ini juga untuk menghindari kerumunan massa ketika pandemi Covid-19.


“Kenapa, karena ini kita masih masa PPKM, Covid-19 masih cukup tinggi di Jakarta, perilaku-perilaku yang melanggar empat M, terutama harus kita hindari, ”kata Sambodo.


Terkait komunitas motor gede yang lagi musim seperti Night Rider dan Sunmori terutama pada malam libur pihaknya akan terus melakukan filterisasi kendaraan.


“Ini sudah sangat meresahkan masyarakat, dan untuk menjaga kenyamanan masyarakat bersama-sama kita melakukan upaya filterasasi, ”ujar Sambodo.


“Kenapa filterisasi, karena jalan tidak ditutup, jalan tetap normal hanya saja apabila ada kendaraan-kendaraan yang melakukan polusi suara, knalpotnya bising maka kemudian kita filter, kita cegah untuk tidak masuk kawasan Monas, Sudirman, Thamrin, ”pungkasnya.