Buah Tin Kaya Akan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia -->

Header Menu

Advertisement

Buah Tin Kaya Akan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pandi
Kamis

Buah Tin

GIBASNEWS, KOTA CIMAHI- Dikutip dari buku Mukjizat Kedokteran Nabi bahwa Berobat dengan Rempah dan Buah-buahan oleh Mahir Hassan Mahmud Muhammad, Abi Darda berkata: ia memberi hadiah semangkuk buah Tin kepada Nabi. Dan beliau berkata, "Jika saja kamu mengatakan bahwa buah tin adalah buah yang turunnya dari Surga maka saya pun akan mengatakan hal demikian karena buah dari surga tidaklah asing. 


Dan buah surga itu tanpa biji maka makanlah ia karena dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.(Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma'aad).


Kandungan Buah Tin apa yang terkandung di dalam satu buah Tin segar (rata-rata 20 gram) sebagian besar adalah air dan karbohidrat dan rendah kalori. Makanya, Buah Ara juga baik dikonsumsi saat program diet. 


Berikut ini nutrisi Buah Tin selengkapnya :


Kalori: 15

Protein: 0 gram

Lemak: 0 gram

Karbohidrat: 4 gram

Serat: 0.5 gram

Tembaga: 1.5% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Magnesium: 1% AKG

Potasium: 1% AKG

Riboflavin: 1% AKG

Thiamine: 1% AKG

Vitamin B6: 1.5% AKG

Vitamin K: 1% AKG


Buah Tin disebutkan juga dalam isi kitab Suci Al Quran Surat ke : 95 yang isinya dalam tulisan bahasa indonesia :


wat-tīni waz-zaitụn 1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, wa ṭụri sīnīn


2.Dan demi bukit Sinai, wa hāżal-baladil-amīn


3.Dan demi kota (Mekah) ini yang aman,

laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm


4.Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. 


ṡumma radadnāhu asfala sāfilīn


5. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),


illallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti fa lahum ajrun gairu mamnụn


6.Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.


fa mā yukażżibuka ba'du bid-dīn


7.Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?


a laisallāhu bi`aḥkamil-ḥākimīn


8.Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?.


Seperti yang telah disebutkan secara singkat dalam Surat Al-Qur'an di atas, Buah Tin juga memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, serta berguna untuk menangkal berbagai penyakit berbahaya seperti :


•Mencegah Penyakit Jantung Penyakit jantung menjadi momok menakutkan bagi banyak orang dan menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.


Buah Tin ampuh dalam menekan kadar lemak dalam darah yang secara langsung dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang akibatnya bisa fatal.


Penelitian mengungkapkan bahwa kandungan Tin mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.


•Menghindari Osteoporosis Selain mencegah penyakit kardiovaskular, buah yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini mampu mendukung kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis di usia tua berkat kandungan kalsium tinggi dan fostor untuk meregenerasi sel tulang.


•Mencegah Anemia Tak hanya kaya antioksidan, Buah Tin juga mengandung zat besi dalam jumlah banyak. Ia mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga menghindari penyakit anemia.


•Mengatur Kadar Gula Darah Studi terbaru menemukan bahwa minuman yang mengandung ekstrak buah ara memiliki efek positif dalam membuat kadar gula darah ke angka normal. Yang terpenting, konsumsi buah tin segar bukan yang sudah dikeringkan. Karena buah tin kering malah akan bisa meningkatkan kadar gula darah dan membahayakan penderita diabetes.


•Membantu Tidur Nyenyak Buah tin adalah salah satu buah yang bisa jadi solusi jika kamu mengalami gangguan sulit tidur di malam hari alias insomnia.


Kandungan trytophan di dalamnya membantu kamu merasa lebih tenang dan rileks, sehingga mudah terlelap setelah lelah beraktivitas seharian.


•Berperan sebagai Prebiotik Alami selain melunakkan feses untuk atasi susah buang air besar (BAB), tin juga memiliki kandungan yang berfungsi sebagai prebiotik.


Kandungan tersebut mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus untuk membantu.