Wawalkot Bekasi Membuka Lomba MTQ Ke-XXIII Tingkat Kota Bekasi -->

Header Menu

Advertisement

Wawalkot Bekasi Membuka Lomba MTQ Ke-XXIII Tingkat Kota Bekasi

Pandi
Selasa

GIBASNEWS, KOTA BEKASI - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membuka acara pada kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXIII Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021 di halaman Kantor Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi Senin, (27/09/2021).


Turut hadir dalam acara pembukaan lomba MTQ ke-23 tingkat Kota Bekasi yakni, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati M.M, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sudarsono, Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Bekasi, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Bekasi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi, Ketua TWUP4 Kota Bekasi, Ketua TP PKK Kota Bekasi, Pengurus (LPTQ) Kota Bekasi, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi serta Camat dan Lurah se-Kota Bekasi.


Diketahui pembukaan lomba MTQ ini dilaksanakan pada (27/09/2021) di Kecamatan Bantargebang dan dihadiri juga secara virtual di 12 Kecamatan dan perangkat daerah se-kota Bekasi serta dapat dilihat oleh masyarakat umum melalui Chanel YouTube http:bitly/PemkotBekasiChanel.


Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Bekasi sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Lomba MTQ yang ke 23 tingkat Kota Bekasi Sudarsono,  menyampaikan laporan kegiatan pelaksanaan kegiatan ini.


"Jadi kegiatan MTQ ke-23 Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021 kali ini yaitu Wujudkan Generasi Milenial Melalui Kegiatan MTQ ini Untuk Melahirkan Bakat Qari/Qari'ah Berinsan Qur'ani, "kata Sudarsono.


Dia juga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menggali putra daerah meraih prestasi di ajang MTQ yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021 di halaman Kantor Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. 


"Ini untuk mengembangkan kreatifitas kemampuan Qari/Qari'ah dalam memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur'an serta seni membaca Al-Qur'an. Sehingga nantinya akan  terpilihnya Qari-Qari'ah terbaik pada setiap cabang yang di musabaqahkan untuk mewakili kafilah Kota Bekasi dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Kabupaten Sumedang, "tuturnya.


Sementara Wawalkot Bekasi Tri Adhianto mengatakan, MTQ ini tidak semata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran. Namun juga menjadi kegiatan yang mampu mengedukasi umat untuk semakin baik dengan membumikan Al-Quran dan mengajak kesadaran beragama yang humanis dan terbuka. 


"Jadi setiap perhelatan MTQ di Kota Bekasi yang digelar ini diharapkan menjadi energi penguatan ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah Wathaniyah dan ukhuwah Insaniyah. Ketiga ukhuwah dimaksud ini berlandaskan semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi  Muhammad SAW, "jelas Wawalkot Bekasi Tri Adhianto.


Diketahui pelaksanaan perlombaan ini di 6  lokasi terdiri dari :

1. Cabang Tilawah Remaja dan Dewasa di Masjidil Ittihad Jl Raya Narogong Km 10 RW 003 RW 001 Kelurahan Bantargebang

2. Cabang Qiro'at Sa'bah dan Qiro'at Mujawwad di Masjid Ar Ridwan Jl Raya Narogong RT 003 RW 001 Kelurahan Bantargebang

3. Cabang Musbaqah Menulis Makalah Ilmiah Al Qur'an di Sekolah Masjid Nurul Huda Jl. Nurul Huda RT 002 RW 006 Kelurahan Bantargebang

4. Cabang Musabaqah Hidzil Quran 10,20,30 Juz di Masjid Nurul Huda RT 002 RW 006 Kelurahan Bantargebang

5. Cabang Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris di Masjid Al Hidayah Jl Pangkalan 1a RT 001 RW 005 Kelurahan Bantargebang

6. Cabang Musabaqah Hidzil Quran 1 dan 5 Juz di Yayasan Al Amaniyah Jl Amd Rawa Gula RT 002 dan RW 006 Kelurahan Bantargebang.(ADV/HMS)