Ini Penjelasan Lurah Kranji Terkait Vaksinasi Malam Minggu -->

Header Menu

Advertisement

Ini Penjelasan Lurah Kranji Terkait Vaksinasi Malam Minggu

Pandi
Senin

GIBASNEWS, KOTA BEKASI-Untuk mempercepat pencapaian target herd immunity dengan vaksinasi. Kelurahan Kranji menggelar vaksinasi di malam Minggu atau Sabtu malam (09/10/2021) bertajuk Vlaminggo (Vaksin Malam Minggo) yang berlokasi di RW 005 Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.


Saat ditemui Lurah Kranji Akbar Juliando mengatakan bahwa latar belakang diadakannya program _Vlaminggo_ karena banyak warga yang tidak dapat mengikuti vaksinasi pada pagi atau siang hari. Sehingga atas hasil koordinasi dengan RT dan RW serta tim dari Puskemas Kranji sepakat untuk melaksanakan vaksinasi pada malam hari. 


“Ditinjau dari hasil mapping bersama tim bahwa tidak semua warga bisa mengikuti vaksinasi pagi ataupun siang. Dihari biasa juga banyak warga yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan, kalau pun dihari libur pasti mereka akan bersama dengan keluarga. Jadi kita coba mungkin vaksinasi pada malam hari, di malam minggu khususnya, "ujar Akbar.


Dia juga menambahkan bahwa RW 005 menjadi lokasi percobaan pelaksanaan _Vlaminggo_ bersinergi langsung dengan Ketua RW 005 Nuri Muhari Zein yang sudah membantu menyiapkan tempat. 


"Kedepan, kemungkinan besar akan diadakan lagi untuk RW lainnya dimana sampai sejauh ini, presentase warga Kelurahan Kranji yang sudah tervaksin sejumlah 73% - 74%, "tambahnya. 


Kepala Puskesmas Kranji dr. Nita Anggraeni Purnomo menjelaskan bahwa pelaksanaan Vaksinasi Door to Door pada malam hari adalah kali pertama dilakukan di Kelurahan Kranji dengan menargetkan lansia yang tidak bisa datang langsung ke lokasi dengan mendatangi rumahnya untuk melakukan vaksinasi.


"Jadi malam minggu kami laksanakan vaksinasi Door to Door malam hari yang pertama kali dilakukan di wilayah Kelurahan Kranji. Bagi lansia yang mobilitasnya tidak memungkinkan untuk datang langsung ke lokasi, maka kami fasilitasi langsung ke rumahnya dengan jenis vaksin Sinovac, "tutupnya.(ADV/HMS)