Ini Penjelasan drg.Mutia Terkait Vaksinasi Booster -->

Header Menu

Advertisement

Ini Penjelasan drg.Mutia Terkait Vaksinasi Booster

Pandi
Selasa

GIBASNEWS, KOTA BEKASI - Sejak tanggal 13 Januari 2022, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan Kota Bekasi telah memulai layanan vaksinasi _booster_ untuk masyarakat umum di atas usia 18 tahun. 


Namun untuk mendapatkan vaksin _booster_, ini masyarakat dapat mendatangi Puskesmas terdekat atau Sentra Vaksin di Gate 10 Stadion Patriot Candrabahaga.


drg. Mutia panitia dan pelaksana kegiatan vaksinasi _booster_ dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi menjelaskan, “Vaksinasi _booster_ lebih dahulu memprioritaskan kelompok lansia, tetapi yang lainnya yang sudah berusia di atas 18 tahun dapat diberikan vaksin _booster_. 


"Adapun syarat dan ketentuannya adalah harus dalam keadaan sehat, sudah melaksanakan vaksinasi yang berjarak selama enam bulan dari pemberian dosis kedua, sudah memiliki tiket vaksin ketiga yang bisa dicek melalui aplikasi PeduliLindungi, dan membawa surat data diri seperti fotokopi KTP dan KK, " kata Mutia Panitia kegiatan Dinkes Kota Bekasi.


Mutia menambahkan kami membuka layanan vaksinasi _booster_ dari hari Senin sampai Sabtu. Untuk hari Senin sampai Jumat, buka pukul 8 pagi sampai 3 sore dan untuk hari Sabtu, buka dari pukul 8 pagi sampai 12 siang.


Mengingat ada aturan tertulis berdasarkan Surat Edaran Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Nomor: 440/37/SET.COVID-19, ada pemberian jenis vaksin yang berbeda untuk vaksin _booster_, 


 Lanjut, Mutia, untuk yang mendapatkan vaksin Sinovac saat dosis pertama dan kedua, maka vaksin _booster_-nya bisa mendapatkan 1/2 dosis Pfizer atau 1/2 dosis AstraZeneca. Sedangkan untuk yang sudah diberikan dosis lengkap AstraZeneca, akan mendaptkan 1/2 dosis Pfizer atau 1/2 dosis Moderna yang mana di Stadion PCB tidak memiliki batas kuota. 


"Kami hanya melaksanakan pelayanan pada jam yang telah ditentukan atau sampai ketersediaan vaksin kami pada hari itu habis, "tambahnya. 


Sementara Tiara, salah satu warga yang melaksanakan vaksinasi _booster_ di Stadion PCB menilai pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bekasi memuaskan. 


"Menurut saya pelayanan di sini memuaskan karena semua panitianya terbilang ramah dan informatif sehingga kita merasa nyaman mengikuti proses vaksinasi. Syaratnya pun juga tidak terlalu sulit, karena hanya perlu mengunduh tiket vaksin ketiga yang ada di aplikasi PeduliLindungi serta membawa pelengkap identitas diri seperti fotokopi KTP dan KK, ”pungkasnya.