Ketua Ormas Gibas Resort Kota Banjar Ucapkan Selamat Hari Jadi Batalion Raider 3232/Buaya Putih Ke - 72 -->

Header Menu

Advertisement

Ketua Ormas Gibas Resort Kota Banjar Ucapkan Selamat Hari Jadi Batalion Raider 3232/Buaya Putih Ke - 72

Pandi
Kamis

GIBASNEWS, Kota Banjar - Keluarga besar Ormas GIBAS Resort Kota Banjar  yang diwakili oleh Ketua Resort Ormas Gibas Kota Banjar Dede Gintara alias Ginting memberikan ucapan selamat Hari jadi Batalion Infantri Raider 323/ Buaya putih yang ke 72.


"Semakin jaya semakin kuat dan tangguh dan selalu tetap bersinergi dengan Ormas GIBAS. Karena kami Ormas GIBAS Resort Kota Banjar merupakan dibawah binannya komandan batalion Letkol Inf Triyono Hadiyanto, S.Sos. merupakan dewan pembina  Ormas GIBAS Resort Kota Banjar, " kata Ketua Ormas Gibas Resort Kota Banjar Dede Gintara yang akrab disapa Ginting.


Diketahui, sedikit kilas balik sejarah dan keberhasilan operasi dari Batalion  Infantri Raider 323/ Buaya putih  yang merupakan pasukan elit infanteri mobile udara Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang didirikan pada tanggal 15 November 1950. Sebelumnya Yonif ini bernama Batalyon Infanteri 323/Buaya Putih. Komandan batalyon pertama adalah Kapten Inf Aj Witomo S. Batalyon ini bermarkas di Kota Banjar, Jawa Barat.


Batalyon ini merupakan gabungan dari kompi-kompi di TT III dan Kompi Pengawal pada PST-II Priangan. Pada 1 Desember 1950, Batalyon F/PST-II digabung dengan Brigade W/PMT menjadi Yonif 323/Bhayangkara. Tahun 1952 Yonif 323/Bhayangkara direorganisasi sesuai Yon ROI/OM Brigade A. Nama Buaya Putih dipakai resmi tanggal 11 September 1958 sehingga menjadi Yonif 323/Buaya Putih. Berdasarkan Surat Perintah Pangdam VI/ Siliwangi Nomor Sprin/25/X/1978 tanggal 25 Januari 1978, tentang pengalihan status Yonif 323/Buaya Putih Brigif 13/Galuh Kodam VI/Siliwangi menjadi organik Kostrad.


Selama berdiri,


Pasukan Yonif 323 Raider Kostrad telah 17 kali mendapat penugasan operasi, antara lain penumpasan DI TII,  PRRI,  G30S/PKI,  PGRS/Paraku, Timtim, Irian Jaya, dan  penugasan  operasi penumpasan kelompok pemberontak GAM di Aceh.


Selamat Hari jadi ke 72 Batalion infanteri Raider 323/ Buaya Putih dan Semoga jaya selalu Raider 323/ Buaya Putih " Mangkalan Digjayana ".