Ketua KONI Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto, Melepas Keberangkatan Jama'ah Umroh Atlet Berprestasi -->

Header Menu

Advertisement

Ketua KONI Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto, Melepas Keberangkatan Jama'ah Umroh Atlet Berprestasi

Pandi
Jumat


Ketua Koni Kota Bekasi Dr
Tri Adhianto

GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Akhirnya para atlet Kota Bekasi yang berprestasi dalam kancah pertandingan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat XIV 2022 dengan Pertandingan Cabang olahraga dari 9 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat berangkat Umroh.


Sebanyak 77 Atlet yang mendapatkan bonus dan 6 Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi sebagai pendamping membantu para atlet saat menunaikan ibadah di Mekkah dilepas langsung oleh Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Tri Adhianto dari Gedung Islamic Center, Jl. Ahmad Yani, Kel. Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Jum'at (15/12/2023) dini hari.


"Kita mengapresiasi kepada seluruh para atlet berprestasi yang sudah berhasil membawa nama harum Kota Bekasi dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat XIV pada Tahun 2022 kemarin. Ini merupakan sesuatu yang sempat tertunda disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pemerintah Kota Bekasi," ujar Tri.


Harapannya, sambung Mas Tri - sapaan akrabnya, semua usaha kita sadari itu dilandasi oleh karena Ridho Allah SWT.


"Oleh karena kita mesti mengucapkan rasa syukur dan berdoa agar capaian-capaian, target-target berikutnya khususnya untuk KONI Kota Bekasi mengemban sebagai Tuan Rumah Porprov 2026 dan mampu mensukseskan jalannya kegiatan dan menjadi Kota Bekasi menjadi peringkat ketiga bahkan kedua. Jadi ini tidak lepas dari usaha keras, disiplin, latihan," imbuh Tri mengakhiri.


Perlu diketahui, dari berbagai tempat yang bakal dikunjungi saat melakukan ibadah umrah, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi, diantaranya:


Bir Ali dan Tan'im


Bir Ali dan Tan'im merupakan tempat untuk melakukan miqot atau tempat untuk memulai ibadah umrah, berpakaian ihram serta mengucapkan niat umrah.


Untuk Bir Ali terletak di Kota Madinah dan merupakan syarat umrah yang utama. Sementara Tan'im terletak di Mekah dan merupakan sunah umrah atau syarat umrah kedua.


Masjid Al Haram dan Kabah


Untuk lokasi yang wajib kedua saat umrah ialah Masjid Al Haram dan Kabah. Tempat tersebut berlokasi di Kota Mekah dan menjadi rangkaian penting saat umrah.


Masjid Al Haram merupakan tempat utama untuk melakukan salat, sedangkan Kabah adalah tempat utama untuk melakukan tawaf.


Maqom Ibrahim


Maqom Ibrahim merupakan salah satu titik yang menjadi daya tarik bagi jemaah haji atau umrah di Masjidil Haram. Nah, banyak orang beranggapan bahwa Maqom Ibrahim adalah tempat dimakamkannya Nabi Ibrahim AS.


Maqam Ibrahim adalah sebongkah batu bekas telapak kaki Nabi Ibrahim. Di atas batu tersebut, Nabi Ibrahim berdiri dan meletakkan batu pertama pembangunan Kakbah bersama Ismail


Sofa dan Marwa


Lokasi ini menjadi tempat favorit bagi para jemaah umrah. Tempat ini adalah dua bukit yang terletak di Kota Mekah. Keduanya merupakan tempat untuk melakukan ibadah Sa'i dengan cara raml atau berlari-lari kecil hingga berjalan biasa. Bukit Marwa juga dijadikan tempat untuk melakukan tahalul atau bercukur saat umrah.


Masjid Nabawi


Masjid megah ini terletak di Kota Madinah. Masjid ini terpenting kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Kawasan ini pun dianggap mustajab, terutama di Raudhah. Tempat ini aslinya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW.