Rapat Di Ruang Kerja Wawalkot Bekasi Bahas Uji Fitur Kesiapan Aplikasi PPDB 2021 -->

Header Menu

Advertisement

Rapat Di Ruang Kerja Wawalkot Bekasi Bahas Uji Fitur Kesiapan Aplikasi PPDB 2021

Pandi
Sabtu



GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, TWUP4, Anggota DPRD, Asda II dan Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kota Bekasi melakukan uji fitur kesiapan aplikasi PPDB 2021 diruang kerjanya Sabtu, (12/06/2021).


Namun sistem PPDB tahun ini sedikit berbeda dengan sistem PPDB sebelumnya, Qodir selaku operator dari Dinas Komimfo memaparkan panduan tatacara pendaftaran PPDB tahun 2021.


"Langkah pertama yang harus dipersiapkan oleh calon peserta ialah, menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pra pendaftaran kemudian diverifikasi oleh petugas Dinas Pendidikan Kota Bekasi," ujar Qodir Sabtu, (12/06/2021).


Lanjut Qodir, setelah berkas sudah terverifikasi data tersebut akan terintegritas dengan data base yang ada di Dinas Pendidikan dari data tersebut sudah dapat terlihat apakah calon peserta termasuk jalur Prestasi, Zonasi atau Afirmasi.


Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengungkapkan, bahwa untuk membantu para calon peserta PPDB, Dinas Pendidikan Kota Bekasi telah menyiapkan unit petugas pendidikan (UPP) ditiap-tiap Kecamatan yang ada di Kota Bekasi.


"Yang jelas untuk membantu para calon peserta PPDB, Dinas Pendidikan Kota Bekasi telah menyiapkan unit petugas pendidikan (UPP) ditiap-tiap Kecamatan yang ada di Kota Bekasi, "jelas Inayattulah.


Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto juga berharap bahwa fitur SIAP PPDB pada tahun ini diharapkan mampu untuk menjadi solusi bagi calon peserta didik terkait birokrasi pendaftaran sekolah.


"Mudah-mudahan proses ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat mempermudah birokrasi yang ada. Prinsip transparansi, akuntabel dan profesionalitas dari Pemerintah juga akhirnya diharapkan mampu untuk menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat kePemerintah Kota Bekasi," harapnya.


Diketahui ada dua fase yang telah disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi sistem pendaftaran sekolah.Fase yang pertama adalah pra pendaftaran yang dimulai sejak tanggal 14 Juni sampai dengan 30 Juni dengan tenggang waktu yang diberikan dan diperuntukan untuk calon peserta didik verifikasi berkas. 


Dan fase yang kedua yaitu melalui pendaftaran yang diperuntukan bagi calon peserta didik untuk mendaftar dengan menentukan sekolah yang dituju dan dijadwalkan pada tanggal 1, 2, 3 dan 5 Juli 2021.(ADV/HMS)