Warganya Kena Sakit Tumor , Bupati Indramayu Langsung Bawa ke RSUD Indramayu -->

Header Menu

Advertisement

Warganya Kena Sakit Tumor , Bupati Indramayu Langsung Bawa ke RSUD Indramayu

Pandi
Senin

GIBASNEWS, INDRAMAYU - Setelah melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina mendatangi Muhamad Alif Al Fattah balita berusia 3 tahun yang mengalami penyakit Tumor Stadium III di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (01/03/2021). 


Diketahui dalam kunjungan yang di luar jadwal Protokoler tersebut Bupati Indramayu hanya ditemani ajudan dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.Walaupun hanya melewati jalan kecil dan gang kecil Gg. 21 Jalan Letjen Suprapto Indramayu inilah Bupati Indramayu melihat dengan langsung Muhamad Alif Al Fatah seorang balita kondisinya memprihatinkan bahkan perut balita tersebut membesar, sulit buang air besar, sulit bernafas dan juga sulit untuk bergerak. 


Menurut Sofiah nenek dari seorang balita tersebut Alif telah divonis oleh dokter menderita Tumor yang sudah menyebar ke dalam Ginjalnya, sehingga perut balita tersebut membusung dan ini di alami Alif sejak Alif dilahirkan.


Melihat seorang balita mengalami Tumor, Bupati Indramayu langsung membawa nya ke RSUD Indramayu untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. 


"Kondisi perutnya semakin membesar dan ini harus segera ditangani secara serius kasihan kondisi balita ini, biaya perobatannya kita tanggung sesuai dengan prosedur. Ini juga merupakan mewujudkan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih Nina Agustina dan Lucky Hakim Program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru), ”jelas Hj. Nina kepada wartawan (01/03/2021).


Tepisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara menjelaskan Program Dokter Masuk Rumah akan menjadi jawaban cepat (Quick Respon) dalam penanganan kesehatan terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Program Dokmaru ini menjadi Public Safety Centre (PSC) 119 yang nantinya ada di Dinas Kesehatan Indramayu. PSC 119 adalah layanan call centre untuk pelayanan cepat tanggap dan darurat kesehatan. 


"Jadi masyarakat di Kabupaten Indramayu dalam keadaan darurat bisa langsung menghubungi Call Center 119  atau 081119119444 yang ada di Dinas Kesehatan. Setelah menghubungi nomer tersebut operator akan menghubungi langsung ke Puskesmas terdekat kemudian Puskesmas akan segera mengirimkan Tim Medis dan Ambulance ke rumah atau lokasi orang yang melakukan panggilan darurat tersebut, "jelas Deden.


Sementara Kepala Puskesmas Margadadi Tarmudi menjelaskan, pihaknya siap untuk melaksanakan layanan cepat program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru). Saat ini pihaknya terus melakukan berbagai simulasi dan uji coba untuk mengetahui berbagai kekurangan dalam pelaksanaan pelayanannya.


"Yang jelas kita selalu akan melakukan perbaikan pelayanan sehingga program Dokmaru ini benar-benar dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, "pungkasnya.(Nono)