Memperingati MAY DAY Dengan Bakti Sosial dan Sosialisasikan PROKES Covid-19 -->

Header Menu

Advertisement

Memperingati MAY DAY Dengan Bakti Sosial dan Sosialisasikan PROKES Covid-19

Admin
Sabtu


GIBASNEWS, BANDUNG BARAT - Federasi serikat pekerja rokok tembakau makanan dan minuman serikat pekerja seluruh Indonesia Kabupaten Bandung Barat "FSP RTMM SPSI KBB" Disaat pandemi tetap memperingati hari buruh sedunia "May Day" dengan cara Bakti Sosial dan Sosialisasi Prokes Covid 19.


Terlihat Hari ini (Sabtu 01/05/2021) di Jl.Raya Cimareme dibawah play over Cilame Kabupaten Bandung Barat, ada dua stand posko Serikat pekerja seluruh Indonesia (SPSI) Federasi serikat pekerja rokok tembakau makanan dan minuman (FSP RTMM) Kabupaten Bandung Barat, yang lakukan kegiatan Bakti Sosial Bagi-bagi Masker (Prokes covid19) dan Takjil Gratis bagi masyarakat lalulintas disekitar.


Kiki permana saputra (Ketua Pimpinan Cabang FSP RTMM SPSI KBB) menuturkan. "Alhamdulillah hari ini kami tetap bisa melakukan kegiatan tahunan yang mana hampir di seluruh dunia pekerja memperingati hari bersejarah ini (May day). Meskipun disaat situasi yang kurang baik dimana pandemi covid19 belum juga usai sudah 2 tahun berjalan.


Kendati demikian tidak menyurutkan semangat juang dalam menyuarakan aspirasi kami sebagai aktivis kaum pekerja, meskipun covid19 terus menghantui namun kita harus tetap bangkit berjuang demi kesejahteraan pekerja sekaligus menyurakan pentingnya memutus mata rantai penyebaran virus corona dan kami juga akan terus menyuarakan hak hak kami untuk kesejahteraan yang mana masih banyaknya pelanggaran normatip aturan ketenagakerjaan yang dilakukan oleh oknum oknum pelaku usaha di KBB khususnya umumnya di Negara yang kita cintai ini (Indonesia) yang dengan gagahnya masih percaya diri karena belum di tindak tegas oleh pemerintah. Pungkasnya


Ketika ditanya dugaan pelanggaran normatip apa yang masih ada di KBB yang dilakukan oknum pelaku usaha yang disebutkan, kiki menuturkan "Dengan masih adanya pelaku usaha yang membayar upah di bawah upah minimum kabupaten (UMK) Bandung barat ditahun 2021, tidak mendaftarkannya pekerja akan progam jaminan sosial "BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan", Jam kerja yang tidak sesuai aturan UU ketenagakerjaan dan Bukan hanya itu ada juga mereka pekerja yang tidak diberikan Hak Cuti nya padahal mereka sudah bekerja lebih dari satu tahun. Tuturnya


Oleh karena itu semoga dengan kegiatan Memperingati May Day Religi 2021 dengan Agenda BAKTI SOSIAL ini, pemerintah lebih peka dan mendengar akan rintihan kaum pekerja yang masih jauh panggang daripada api. Hari ini Kami lakukan bakti sosial dimasa pandemi covid19 dengan cara 5M5S :

1•Membagikan Masker Gratis (sebagai bentuk kepedulian memutus mata rantai penyebaran covid19)

2•Membagikan Takjil Gratis (sebagai rasa syukur akan rejeki yang di miliki)

3•Membagikan Brosur Serikat pekerja (sebagai kampanye akan pentingnya berserikat dan menyampaikan kebebasan berserikat ada payung hukumnya, mengingat di KBB masih minimnya pekerja akan pemahaman tentang berserikat)

4•Menunjukan kepedulian serikat pekerja bukan hanya kepada internal melainkan kepada seluruh masyarakat sekitar, sekaligus menyuarakan aspirasi kami. 

5•Mensosialisasikan pentingnya PROKES covid19 dengan cara 5S :

1.Selalu Memakai Masker

2.Selalu mencuci tangan setelah bersentuhan benda asing

3.Selalu menjaga jarak aman

4.Selalu jaga stamina tubuh agar imun tetap vit dan bugar, serta

5.Selama libur lebaran Idul Fitri jangan lakukan Mudik demi kebaikan bersama) sesuai arahan Pemerintah. Ungkapnya


Ismail Ketua Panitia menuturkan, "Kegiatan ini sebenarnya sebagai bentuk kepedulian kami sebagai pekerja kepada masyarakat kabupaten bandung barat, sekaligus mensosialisasikan pentingnya PROKES disaat berlalulintas. Biasanya disaat  May day Kami memperingati dengan cara unjuk rasa menyuarakan aspirasi kami, namun mengingat saat ini masih masa pandemi covid19 ditambah bertepatan bulan Ramadhan untuk itu kami ganti cara dalam hal memperingati May day tahun ini yang insyaAllah lebih bermanfaat dan tersampaikan pesannya.


Kegiatan ini di inisiasi oleh Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia di Kabupaten Bandung Barat "PC FSP RTMM SPSI KBB". Yang bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui apa itu serikat pekerja ?, Karena tidak menutup kemungkinan ada sebagian masyarakat yang masih belum tau Serikat pekerja.


Kegiatan ini juga kami dibantu beberapa perusahaan  di KBB yang memberikan donasi dalam bentuk Tunai maupun Product. Dan kami semua kemas untuk dibagikan secara Gratis untuk Seluruh masyarakat lalulintas di wilayah KBB yang lewat. Tutur Ismail


Kristian (Sekertaris PC FSP RTMM SPSI KBB), Menambahkan "Kegiatan hari ini sudah kami rencanakan jauh sebelum memasuki Bulan Ramadhan, mengingat pandemi covid19 masih menjadi ancaman bagi kesehatan manusia dan tidak ada salahnya kami ikut sedikit berpartisipasi dalam hal memutus penyebaran covid19 dengan cara membagikan masker dan sosialisasi pentingnya PROKES seperti yang sedang ramai di perbincangkan di masyarakat luas diantaranya yaitu Larangan Mudik. Untuk itu Kami pandang perlu juga sosialisasikan tepat dihari buruh sedunia ini. Pungkasnya


Semoga Pandemi Covid19 segera usai, dengan meningkatkan disiplinnya masyarakat akan pentingnya mematuhi prokes covid19 salah satu diantaranya seperti : Jangan melakukan Mudik ke daerah asal selama liburan lebaran idul fitri, dan selain itu kami juga sosialisasikan akan pentingnya Vaksinasi Covid19 untuk masyarakat apabila nanti dijadwalkan jangan ragu dan jangan takut ikuti saja karena itu sudah aman. Ditambah Semoga lebih terjalin jiwa Soliditas dan Solidaritas sesama pekerja akan dunia ketenagakerjaan di KBB khususnya di RTMM sendiri. Tutur Kristian. (Kiki)