Diduga di PHK Sepihak Puluhan Karyawan PT YIHWA akan Demo Selama Seminggu -->

Header Menu

Advertisement

Diduga di PHK Sepihak Puluhan Karyawan PT YIHWA akan Demo Selama Seminggu

Pandi
Jumat

Puluhan Karyawan PT. YIHWA Adakan Aksi Demo

GIBASNEWS, KABUPATEN BANDUNG Puluhan karyawan PT.YIHWA yang tergabung dalam PUK SP FSPMI PT. YIHWA malam hari melakukan aksi demo di PT.YIHWA yang berlokasi Kp. Cicangkuang Desa Padaasih Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Mereka melakukan aksi demo ini karena akibat puluhan karyawan PT.YIHWA di putuskan hubungan kerjanya diduga secara sepihak oleh PT. YIHWA Kamis, (24/06/2021).


Sonson (40) Sekertaris PUK SP FSPMI PT. YIHWA warga Desa Giriasih Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat Koordinator aksi mengatakan malam ini adalah aksi unjuk rasa kami karyawan PT.YIHWA yang di putus hubungan kerja (PHK) tanpa alasan dan kepastian yang jelas. 


"Ini sebagai bentuk kekecewaan kami akan arogansinya management PT. YIHWA yang sebelah pihak memutuskan hubungan kerja tanpa alasan dan kepastian yang jelas. Dan aksi unjuk rasa yang sudah kami lakukan ini sejak Selasa kemarin (23/06/21) bahkan rencananya akan kami perpanjang sampai minggu depan," jelas Somson kepada wartawan Kamis, (24/06/2021).


Dia juga menambahkan aksi yang dilakukan ini berawal dari pemutusan hubungan kerja karyawan PT. YIHWA berjumlah 23 orang yang ikut dalam serikat pekerja. Karena diketahui kurang lebih 93 karyawan yang bekerja disini hanya 23 orang yang di PHK karena berserikat.


"Saya disini sudah bekerja dari tahun 2011 status kerja di PT. YIHWA ini dikontrak terus 3 bulan sekali kemudian di perpanjang kembali tanpa jeda selama ini dan berakhir PHK dengan alasan habis kontrak. Padahal kami berserikat ini tujuannya adalah untuk menampung wadah aspirasi karyawan mengingat selama ini kami jauh dari kata sejahtera, jangankan tunjangan kesejahteraan sosial seperti BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan upah pun kami masih dibawah UMK," sesal Somson.


Namun demikian kami sudah beberapa kali melakukan mediasi tingkat pertama ( Bipartit di Perusahaan) bahkan mediasi ke Kantor Disnaker Kabupaten Bandung Barat tapi hasilnya pihak perusahaan tetap dengan pendiriannya melakukan pemutusan hubungan kerja. Padahal tuntutan kami hanya ingin dipekerjakan kembali kami dan diselesaikan secara musyawarah apa yang menjadi permasalahan ini.


Sementara Kiki Permana Saputra Ketua PC FSP RTMM SPSI Kabupaten Bandung Barat melihat ramai di medsos aksi unjuk rasa teman teman FSPMI malam ini, akhirnya melihat langsung ke lokasi aksi unjuk rasa sekaligus memberikan support kepada teman teman yang sedang melakukan upaya mencari keadilan dan dukungan.Karena yang saya dengar mereka di putus hubungan kerja secara sepihak oleh PT. YIHWA akibat berserikat.


"Iya miris saja dan prihatin karena yang saya dengar mereka di putuskan hubungan kerja secara sepihak oleh PT. YIHWA akibat mereka berserikat. Makanya untuk memberikan dukungan dan suport nya saya datang kesini," pungkasnya. 


Reporter : Kiki Permana Saputra