Peringati HPSN Gubernur DKI Jakarta, Datangi TPST Bantar Gebang Bekasi -->

Header Menu

Advertisement

Peringati HPSN Gubernur DKI Jakarta, Datangi TPST Bantar Gebang Bekasi

Pandi
Senin

GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan berkunjung ke TPST Bantargebang Bekasi di zona DKI dalam rangka peringati HPSN 2022, dan disambut langsung oleh Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Senin,  (21/02/2022).


Peringatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan aset hasil karya anak bangsa PLTSA Merah Putih dengan mempersembahkan dua mesin pembangkit listrik berbahan bakar sampah yang kemudian dioperasionalkan di TPST Bantargebang Zona DKI.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, terkait lahan pembuangan sampah yang ada saat ini semakin lama semakin sempit. Diharapkan hasil karya Inovasi dari Badan Riset Nasional (BRIN) mesin pembangkit listrik tersebut dapat menjadi solusi dalam menangani sampah yang kian hari kian menumpuk.


"Menurut Badan Riset Nasional dari 1000 ton sampah yang dikelola setiap harinya mampu menghasilkan daya listrik sebesar 700 Kilowatt. Diharapkan ini mampu menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada," kata Anis Baswedan Gubernur DKI Jakarta kepada wartawan.


Dia juga menambahkan, pengelolaan sampah yang ada ini merupakan konsen bersama. Sehingga dibutuhkah gerakan untuk mengubah dari sesuatu yang tidak memiliki manfaat menjadi sesuatu yang memiliki manfaat.


"Jadi sampah bukan hanya tanggungjawab Pemerintah saja, melainkan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Segala bentuk inovasi dalam mengelola sampah harus terus diciptakan dengan harapan mampu mengatasi permasalahan sampah dari hulu ke hilir," tambahnya.


Sementara Plt.Wali Kota Bekasi Tri Adhianto memberikan tanggapan serta mengapresiasi atas inovasi tersebut. Pria yang kerap disapa Mas Tri berharap melalui HPSN ini mampu membangun kesadaran masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan, dan bijak dalam mengelola sampah yang ada.


"Sekitar 7800 ton sampah perhari yang dihasilkan oleh DKI Jakarta yang dibuang ke TPST Bantargebang. Melalui peringatan HPSN ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk dapat bijak dalam mengelola sampah yang ada," pungkasnya.