Datangi Disdukcapil Kota Bekasi Dirjen Dukcapil Kemendagri Berikan Pembinaan dan Pengawasan -->

Header Menu

Advertisement

Datangi Disdukcapil Kota Bekasi Dirjen Dukcapil Kemendagri Berikan Pembinaan dan Pengawasan

Pandi
Kamis


GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan kerja ke Disdukcapil Kota Bekasi dalam rangka pembinaan dan pengawasan (Binwas). Kunjungan ini langsung diterima oleh Kepala Dinas dan jajarannya Kamis, (20/05/2021).



Dalam kunjungan ini Prof. Zudan memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada seluruh pemangku jabatan Disdukcapil untuk dapat terus meningkatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat. 



"Pelayananan yang membahagiakan masyarakat adalah dengan melakukan tugas secara bersama-sama dan terus menjaga kekompakan dari seluruh aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi dan ini yang harus terus dilakukan, "ungkap Dirjend Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh.



Lanjutnya, selain itu yang diperlukan untuk membahagiakan masyarakat adalah dengan melakukan seleksi terhadap petugas Front Office (FO) yang berada di garda terdepan dalam memberikan informasi.Para petugas FO tersebut disarankan adalah wanita dengan latar belakang keluarga yang bahagia sehingga dapat memberikan aura bahagia juga kepada masyarakat yang membutuhkan informasi. 



Diketahui terkait program Digitalisasi ID (melalui NIK) yang akan dimulai pada bulan Juni tahun ini, dengan program Digitalisasi ID ini seluruh lembaga hanya perlu melakukan input NIK untuk semua proses layanan yang dibutuhkan.



Namun untuk menunjang program tersebut diminta kepada bidang PDIP untuk dapat mengoptimalkan perjanjian kerjasama yang telah dibuat dengan Perangkat Daerah lain serta menambah jumlah PKS sehingga semua Perangkat Daerah dapat memanfaatkan data kependudukan. 



Dan di tahun 2022 terdapat peningkatan target capaian dalam pelayanan adminduk, karena pada tahun 2022 Bulan Oktober akan dimulai pendataan DP4 untuk persiapan Pilpres 2024. Pendataan tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar, untuk itu diminta kepada aparatur Disdukcapil untuk dapat memaksimalkan perannya dalam mencapai tujuan dan target tersebut.(ADV/HMS)

(Sumber : Disdukcapil Kota Bekasi)