Rahmat Effendi Hadiri Peletakan Batu Pertama Gedung Pasraman dan Serbaguna -->

Header Menu

Advertisement

Rahmat Effendi Hadiri Peletakan Batu Pertama Gedung Pasraman dan Serbaguna

Pandi
Jumat

GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menghadiri acara peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Pasraman dan Serbaguna di Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi Rabu, (20/10/ 2021).


Turut hadir Kepala Kesbangpol Kota Bekasi Cecep Suherlan, Camat Bekasi Barat Maka Nahrowi, Lurah Jakasampurna Edi Junaedi, Ketua PHDI Kota Bekasi Gusti Made Ruditha, Ketua Yayasan Tirta Bhuana Made Prinsip, Ketua Banjar Bekasi I Gede Darmayusa, dan Ketua Panitia Pembangunan I Made Sujana.


Peletakan batu pertama ini menandai proses pembangunan Gedung Pasraman dan Serbaguna adalah merupakan bagian dari komitmen PHDI Kota Bekasi, Banjar Bekasi dan Yayasan Tirta Bhuana Bekasi untuk menciptakan sarana belajar dan pelatihan yang unggul bagi masyakarat Hindu se-Bekasi dan sekitarnya.


Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan Ini sebagai salah satu bentuk dan wujud hadirnya Pemerintah untuk semua golongan anak bangsa yang ada di Kota Bekasi. 


"Pemerintah berdiri bermacam golongan agama dan suku bangsa yang ada di Kota Bekasi dan ini menjadi wujud dari harmonisasi yang telah terajut di Kota Bekasi, ”jelas Walikota Bekasi Rahmat Effendi.


Ia juga menambahkan seluruh masyarakat di Kota Bekasi terus merawat kerukunan serta kerhamonisan anta umat beragama.


“Mari bersama kita jaga dan terus rawat kerukunan dan keharmonisan,” pesan Rahmat.


Sementara Ketua Yayasan Tirta Bhuana Made Prinsip mengatakan kemajuan bangsa Indonesia sangat bergantung pada kolaborasi dan keterlibatan seluruh anak bangsa, termasuk masyarakat Hindu Indonesia.


“Jadi kehadiran gedung ini diharapkan menjadi ruang belajar yang baik bagi pelajar untuk membangun manusia Indonesia yang modern, ”kata Made Prinsip.


Ditempat yang sama Ketua PHDI Kota Bekasi Gusti Made Ruditha menjelaskan, keberadaan Gedung Pasraman dan Gedung Serbaguna yang layak dan memadai sangat dibutuhkan umat Hindu di Kota Bekasi dalam rangka menyiapkan fasilitas pendidikan infomral penyelenggaraan pendidikan agama Hindu.


“Yang jelas dengan pertimbangan ini untuk mengatasi kesulitan mendapatkan nilai agama bagi siswa siswi yang sekolahnya tidak menyiapkan agama Hindu, ”kata Rudhita.


Menurut Rudhita, seiring perkembangan umat Hindu di Kota Bekasi dan sekitarnya maka keberadaan Gedung Pasraman dan Gedung Serbaguna bagi siswa siswi Hindu mulai SD, SMP bahkan sampai SMA. Peserta didik nya pum awalnya hanya 60 sampai 80 tahun 2000 berkembang siswa siswi hingga menjadi 523 orang.


“Maka kami sangat membutuhkan gedung memadai, sebab kalau menggunakan gedung lama, kasihan orang tuanya. Karena bisa seharian menunggu dan mengantar anaknya dalam rangka memperoleh pendidikan agama, ”ujar Rudhita.


Diketahui Gedung ini rencananya 3 lantai dengan luas 1300 m2,  akan dilengkapi dengan fasilitas ruang belajar dan ruang audio visual dalam rangka pengembangan potensi umat, seperti darma gita, darma wacana, webinar dan lain-lain.(ADV/HMS)