Walikota Bekasi Kunjungi Peternak Kambing di Padurenan Bekasi -->

Header Menu

Advertisement

Walikota Bekasi Kunjungi Peternak Kambing di Padurenan Bekasi

Pandi
Kamis

 

GIBASNEWS, KOTA BEKASI-Kunjungan Walikota Bekasi Rahmat Effendi ke salah satu pengelolaan peternakan kambing atau domba di wilayah Kelurahan Padurenan, Kecamatan Mustika Jaya bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Herbet Panjaitan melihat kondisi hewan kambing yang dikelola oleh Dinas Ketapang Kota Bekasi yakni Bapak Darmansyah pada Selasa, (23/11/2021).


Diketahui pengelolaan peternakan hewan kambing atau domba melalui Dinas Ketapang Kota Bekasi berjumlah sekitar 100 kelompok atau 100 kandang dalam pengelolaan di Kota Bekasi ini terdapat 11 Kecamatan dan 37 Kelurahan yang ikut dalam program dari Dinas Ketapang Kota Bekasi.


Bapak Darmansyah yang diberikan pengelolaan 1 kambing jantan dengan 10 kambing betina oleh Pemkot Bekasi. Wali Kota Bekasi berharap agar pengembangan dari setiap induk kambing atau domba menjadi domba atau kambing yang terbaik dan bisa dijual belikan dalam kondisi sehat di pasaran.


Pengelolaan peternakan kambing atau domba ini merupakan adopsi usai Wali Kota Bekasi melakukan kunjungan kerja atau studi banding ke Kota Sleman yang merupakan penghasil peternakan terbaik dengan sistem kandang yang tidak mengganggu indera penciuman warga serta pengeolaan kotoran dari hewan tidak meresahkan warga sekitar.


 "Usul saya untuk kandang agar dibuat setradisional mungkin dengan menggunakan bambu atau kayu, sehingga alokasi dana tersebut bisa dibelikan induk kambing atau domba lagi dan warga bisa merasakan daya saing dari pengelolaan peternakan tersebut, "kata Rahmat Effendi Walikota Bekasi.


Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi Herbet Panjautan mengatakan untuk para pengelola peternakan kambing atau domba ini diberikan subsidi juga untuk bahan pakan kambing dan domba, seperti Pakan konsentratnya sebanyak 2 Ton dan rumput bibit odot 10 kilo per kelompok. 


"Jadi dari kambing jantan tersebut di kawinkan dengan 10 kambing betina sehingga dengan harapan dari kambing betina bisa melahirkan banyak dan pengelola akan terus tetap berjalan dalam usahanya, "pungkasnya.