Dinkes Kota Bekasi Melakukan Skrining Gejala TBC dan Rontgen Dada di Kec.Mustika Jaya -->

Header Menu

Advertisement

Dinkes Kota Bekasi Melakukan Skrining Gejala TBC dan Rontgen Dada di Kec.Mustika Jaya

Pandi
Rabu

GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan terus melanjutkan skrinning pada gejala penyakit  Tubercolusis (TBC) dan rontgen dada dengan menargetkan sebanyak 1.100 orang untuk masyarakat umum dan aparatur Pemerintah Kota Bekasi yang sudah berjalan sejak Senin, 20 Desember 2021 dan pada hari ini, Rabu, 22 Desember 2021 yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi Rabu (22/12).


Pemerintah Kota Bekasi berupaya untuk mengoptimalkan penemuan kasus aktif TBC yang tidak tercatat dan tidak terdeteksi sehingga eliminasi TBC Tahun 2030 dapat terwujud.


Menurut dr. Siti Nurliah. M.K.M selaku Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PM) Puskesmas Mustika Jaya mengatakan total sasaran skrining di Kecamatan Mustika Jaya adalah sebanyak 260 orang. 


"Namun karena ada sisa kuota dari pelaksanaan skrinning sebelumnya di Kantor Kecamatan Bekasi Selatan, maka ditambah menjadi 280 dan masyarakat sangat berantusias mengikuti program skrinning TBC tersebut, "kata dr. Siti Nurliah Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PM) Puskesmas Mustika Jaya


Dia juga menambahkan bahwa alurnya pemeriksaan sputum (dahak) hanya dilakukan bagi peserta yang terduga TBC berdasarkan hasil skrinning gejala TBC dan hasil rontgen dada. Pengambilan sputum peserta akan dilakukan oleh petugas fasilitas kesehatan setempat seperti puskesmas atau rumah sakit. 


"Jadi Sputum dikemas dan dikirimkan ke fasilitas pelayanan pemeriksaan TCM (Tes Cepat Molekuler). Hasilnya akan keluar paling lama tiga hari. Semua hasil skrinning dan rontgen akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Bekasi, "pungkasnya.