Bapemperda DPRD Kota Batam Studi Banding Terkait Perda CSR di Kota Bekasi -->

Header Menu

Advertisement

Bapemperda DPRD Kota Batam Studi Banding Terkait Perda CSR di Kota Bekasi

Pandi
Jumat

GIBASNEWS, KOTA BEKASI- Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka evaluasi Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terkait Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Jumat, (8/4/2022).


Bapemperda DPRD Kota Batam M. Mustofa menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke Pemkot Bekasi mencari solusi dan mengevaluasi Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.


"Kami sedang mengevaluasi Peraturan Daerah tentang CSR di Kota Batam. Jadi kami ingin membandingkan dengan Kota Bekasi. Namun sayang dalam Perda kami, masih kurangnya keterbukaan dari perusahaan yang bergerak di sumber daya alam maupun non sumber daya alam dalam kerja sama CSR," kata Ketua DPRD Kota Batam M. Mustofa.


Pria yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Batam itu menanyakan tentang strategi yang dilakukan oleh Pemkot Bekasi untuk merangkul perusahaan non sumber daya alam agar mau melakukan CSR. 


Sementara Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Bekasi Eka Hidayat juga memberikan sambutan dan menerima kunjungan DPRD Kota Batam di Pemkot Bekasi.


"Selamat datang di Kota Bekasi. Terkait dengan kunjungan ini Kota Bekasi sudah memiliki Perda Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Tanggung Jawab Sosial di Kota Bekasi karena di dalamnya diatur tentang tata cara CSR," kata Eka Hidayat Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Bekasi.


Dia juga menambahkan, kalau diawal tahun biasanya diselenggarakan event untuk mempertemukan pengusaha dan perusahaan dalam membahas perencanaan CSR yang akan dilakukan di Kota Bekasi. Hal ini sangat penting dalam menarik investor agar mau berinvestasi di Kota Bekasi.


"Dengan adanya jaminan telah melakukan CSR dengan Pemerintah daerah setempat,  sebenarnya para perusahaan tersebut telah mempunyai 'portofolio' yang menarik bagi para investor karena telah diberikan dukungan sosial dari masyarakat setempat," tutupnya.(ADV/HMS)